Artikel

Contoh Prosedur Pembersihan Tumpahan darah atau Cairan Tubuh pasien di lantai

⦁    Jika volume tumpahan darah/cairan tubuh diameter < sampai dengan 10 cm :
1.    Gunakan alat pelindung diri : sarung tangan
2.    Lap tumpahan darah/cairan tersebut dengan tissue kertas untuk menyerap darah/cairan tubuh yang tumpah
3.    Buang lap bekas tersebut ke dalam plastik kuning
4.    Bersihkan area tumpahan dengan sabun/deterjen menggunakan kain majun sekali pakai
5.    Lap area tersebut dengan larutan khlorin/ sodium hipoklorit dan biarkan mengering. 
6.    Lepas APD
7.    Cuci tangan

Contoh Prosedur Pembayaran Insentif untuk Sales Marketing Rumah Sakit

1.    Bagian Finance menerima pengajuan pembayaran komisi/insentif dari Bagian Marketing/Sales yang telah di setujui oleh pejabat yang berwenang sesuai dengan Matrix Authorisasi. Data harus diserahkan ke Bagian Finance (up : Finance Controller) selambat-lambatnya tanggal 16 setiap bulan.
2.    Pada saat pengajuan pembayaran komisi/Insentif ke Bagian Finance, Bagian Sales/Marketing melampirkan dokumen berikut :
       a.    Surat Pengajuan Pembayaran
       b.    Laporan Pencapaian Performance Sales

Cara Menghitung Tarif Rumah Sakit

Tarif atau price adalah harga dalam nilai uang yang harus dibayar oleh konsumen untuk memperoleh atau mengkonsumsi suatu komiditas, yaitu barang atau jasa. Menurut Surat Keputusan Menteri Keuangan Nomor S-60/MK.011/1987 Pengertian tarif adalah sebahagian atau seluruh biaya penyelenggara kegiatan pelayanan medik dan non medik yang dibebankan kepada masyarakat sebagai imbalan atas jasa yang diterimanya.

Contoh Prosedur Permintaan darah ke PMI

  1. Instalasi Rawat Inap Cek kembali formulir permintaan darah, pastikan formulir terisi lengkap (tanda tangan dokter pengirim, cap  ruangan) yang dilengkapi formulir persetujuan screening (setuju atau tidak untuk dilakukan screening)
  2. Lakukan pengambilan spesimen darah untuk pemeriksaan golongan darah, jika pasien pernah melakukan pemeriksaan menggunakan specimen yang sama, gunakan specimen yang telah ada di laboratorium. Perhatikan volume dan persyaratan apesimen (EDTA min.3 cc Expired 3 hari).

Peran Case Manager (Manajer Pelayanan Pasien) Rumah Sakit

Manajer pelayanan pasien (Case Manajer) adalah seorang coordinator, fasilitator, pemberi advokasi, dan juga educator.  Manajer pelayanan pasien (Case Manajer) diangkat oleh direktur rumah sakit dan bertanggung jawab langsung kepada bertanggung jawab langsung kepada wakil direktur pelayanan medik.  Manajer pelayanan pasien bukan professional pemberi asuhan (PPA).

Pages